Fatwa Ulama: Nasehat Bukanlah Gunjingan

Nasehat Bukanlah Gunjingan
Syaikh Ibnu Baz

Pertanyaan:
Seseorang hendak menugaskan orang lain dengan suatu pekerjaan. Saya tahu bahwa orang tersebut tidak mampu melaksa-nakannya karena tidak mempunyai keahlian di bidang tersebut. Bolehkah saya memberitahu orang yang hendak memberinya tugas itu tentang kekurangan-kekurangan orang yang hendak diberi tugas itu. Apakah ini termasuk menggunjing?

Jawaban: 
Jika maksudnya nasehat maka bukan berarti menggunjing. Hal ini berdasarkan sabda Nabi Saw "Agama adalah nasehat." Ditanyakan kepada beliau, "Bagi siapa ya Rasulullah?" beliau menjawab,"Bagi Allah, KitabNya, RasulNya, para pemimpin kaum muslimin dan kaum muslimin umumnya. " (HR. Muslim dalam kitab shahihnya, bab al-Iman (55)). Disebutkan dalam ash-Shahihain dari Jabir bin Abdullah al-Bajali ia berkata, "Aku berbai'at kepada Rasulullah صلی الله عليه وسلم untuk mendirikan shalat, menunaikan zakat dan memberi nasehat kepada setiap muslim." (HR. Al-Bukhari dalam al-Iman (74); Muslim dalam al-Iman (56)). Dan masih banyak lagi hadits-hadits lainnya yang semakna dengan ini. Hanya Allah lah yang mampu memberi petunjuk.  

Rujukan: Majalah ad-Da'wah, nomor 1172, Syaikh Ibn Baz. Disalin dari buku Fatwa-Fatwa Terkini Jilid 3, penerbit Darul Haq.

3 komentar:

  1. .. kalo seande nya ada orang yang menghina tentang agama gimana?!? tapi aq gak tau, apakah yang menghina tentang agama itu adalah ahli agama ato bukan. Lalu gimana tuch jika ada orang yg menghina tentang jilbab yang dipake, padahal saya aja baru memakai jilbab. so,, mohon penjelasan nya. tenkz,, oia link nya udah aq pasang kawan di link partner ..

    ReplyDelete
  2. menghina dan mencela agama Islam sangat di murkai Allah meskipun itu Ahli agama atau bukan. Allah jg melarang kt mengolok2,mencela dan menghina agama lain. cb lihat Qs Al An'am 108. Ttg jilbab anda sdh betul krn anda menjalankan syariat Islam.

    ReplyDelete
  3. .. tenkz banget ya Sang admin?!? cz dalam dunia blogger baru kale ini ada yg menghina gitu. maka nya aq tanya sama admin nya. oia kapan nich ada kayak ginian lagi?!? maklum lah,, secara aq nich dalam tahap proses n agama aq juga masih kurank n perlu pembelajaran secara bertahap. he..86x ..

    ReplyDelete